Jumat, 11 September 2009

Mencicipi Rasa Masakan Asia dan Barat

Asia

Makanan Asia terkenal dengan rasanya yang khas yang dibumbui dengan aneka rempah. Negara di Asia yang terkenal dengan masakannya hingga ke seluruh dunia adalah Jepang, India, Cina dan Thailand.

Jepang terkenal dengan sushinya. Sushi adalah makanan yang sebagian besar menggunakan bahan mentah namun disajikan dalam keadaan segar. Walaupun sangat populer, banyak masyarakat Indonesia yang belum familiar dengan rasa sushi dan merasa aneh jika memakan makanan laut mentah terutama ikan mentah. Selain sushi juga ada makanan khas lain yaitu teppanyaki, shabu-shabu, tempura dan banyak lagi.

Sama seperti makanan Jepang, makanan India juga terkenal hingga ke ujung dunia. Bangsa India adalah bangsa pendatang dimana dulunya banyak dikirim Inggris menjadi pekerja di negara-negara koloninya dan menetap hingga sekarang. Oleh karena itu restoran India dapat dengan mudah ditemukan di banyak negara-negara di dunia terutama negara bekas koloni Inggris. India sangat terkenal dengan kare-nya yang khas yang penuh citarasa rempah. Makanan lainnya yang tak kalah lezatnya adalah masala, kebab, mutton dan roti chane.

Cina juga menelurkan banyak makanan lezat yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Masakan cina sangat populer dan menjadi favorit semua orang. Selain mudah dimasak dan tak memerlukan waktu lama, cita rasa masakan ini mudah diterima oleh siapa saja. Anda pasti sudah tidak asing dengan cap cay, kweetiaw, fu yung hai dan koloke bukan? Di Indonesia keempat masakan cina tersebut menjadi pilihan nomor satu. Di negara-negara maju masakan cina terkenal dengan harganya yang murah, mudah didapat dan selalu tersedia setiap saat.

Masakan Thailand saat ini mulai menanjak kepopulerannya seiring dengan semakin terkenalnya dunia pariwisatanya. Banyak para warga negara lain yang mulai menggemari masakan Thailand yang gurih dan pedas. Sepintas makanan Thailand mirip dengan masakan Indonesia namun dengan rasa yang tidak sekuat masakan Indonesia. Makanan Thailand banyak menggunakan buah sebagai bahan dasar bumbunya, juga rempah-rempah yang beraneka ragam. Masakan yang paling terkenal adalah Tom Yam dan Kari dengan aneka jenis.

Amerika

Di Indonesia, Amerika terkenal dengan makanan cepat saji. Menu yang paling digemari adalah ayam goreng cepat saji atau fried chicken dan juga burger. Amerika adalah negara dimana terdapat banyak pendatang yang datang dari berbagai bangsa di dunia. Oleh sebab itu, makanan Amerika yang populer adalah adaptasi dari berbagai makanan khas negara lainnya.

Eropa/Mediterania

Masakan Eropa yang terkenal di Indonesia adalah steak, spaghetti, pizza, pasta, salad dan banyak lagi. Walaupun masih terbilang mahal, namun saat ini konsumsi masakan eropa sudah mulai menanjak. Beberapa bahan dasar untuk membuat makanan ini masih harus diimpor dari luar negeri karena tidak dapat ditanam atau diproduksi di Indonesia, namun saat ini banyak restoran yang mengganti bahan dasar tersebut dengan bumbu ala Indonesia.

Di Indonesia, makanan-makanan ini juga mengalami adaptasi rasa yang disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Namun ada juga beberapa restoran yang mempertahankan cita rasa asli masakan tersebut sesuai dengan rasa di negara asalnya.

http://duniamakanan.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

Mencicipi Rasa Masakan Asia dan Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar