Kamis, 29 Oktober 2009

Memakan Snack Sehat Saat Perjalanan

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Lupakan fast food

Beragam makanan siap saji, keripik, dan soda merupakan makanan yang mudah diperoleh dan dikemas ke mana-mana. Akan tetapi, makanan ini hampir selalu kaya akan lemak jahat, banyak mengandung kalori, dan kurang mengandung nutrisi. Karena itu, ada baiknya membatasi asupan makanan jenis ini. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak junk food bisa membuat Anda kelelahan dan mengantuk bahkan bisa memicu sakit perut.

Sarapan sebelum berangkat

Baik sarapan di rumah atau di tempat lain, ada baiknya menghindari makanan yang kaya gula. Makanan yang kaya karbohidrat memang bisa memperbaiki mood untuk sementara waktu, tetapi kelebihan gula akan membuat Anda mengantuk. Tentunya hal ini tidak baik, khususnya jika Anda yang memegang kemudi. Ada baiknya mengonsumsi semangkuk oatmeal dipadukan dengan potongan buah segar. Jika ingin sesuatu yang manis, pilihlah bran muffin yang kaya serat.

Bagaimana dengan protein batangan? Ini merupakan makanan pengganti sarapan yang bagus, tetapi perhatikan kandungan gula dan kalori ekstra dengan membaca label. Jika memungkinkan, pilihan sarapan sereal whole grain dengan susu rendah lemak tetaplah lebih baik.

Kudapan di mobil

Jika Anda memegang kemudi, ada baiknya tidak makan snack, karena ini bisa mengganggu konsentrasi Anda. Bagaimana dengan keluarga? Ada baiknya memilih snack bernutrisi yang rendah lemak jenuh dan gula. Anda bisa membawa kotak pendingin es untuk menjaga agar snack dan minuman Anda tetap dingin.

Berikut beberapa pilihan snack sehat di mobil yang bisa menjadi pilihan Anda:

Salad buah dan sayur

Anda bisa menjaganya tetap segar dengan cara memasukkan ke dalam kotak pendingin.

Pastikan membawa persediaan air putih yang cukup

Cara ini akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi.

Crackers whole grain

Makanan ini bisa membantu menahan lapar dan kaya serat serta nutrisi penting lainnya. Kita bisa menemukannya di snack shop.

Batasi keripik berlemak

Makanan seperti ini hanya menawarkan sedikit nutrisi.

Anda juga bisa menyediakan sandwich yang terbuat dari roti whole grain dan mentega kacang atau daging tanpa lemak. Simpanlah di dalam pendingin untuk menjaga kesegarannya.

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari merupakan kudapan yang mudah dibawa sekaligus kaya akan lemak ganda tidak jenuh yang baik bagi kesehatan.

Sebenarnya juga bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk untuk acara ulang tahun anak). Selain undangan unik “cemilan” ini tentunya bisa menjadi solusi acara ultah anak Anda.

Semoga bermanfaat!

www.waspada.co.id

Memakan Snack Sehat Saat Perjalanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar