Senin, 05 Oktober 2009

Membuat Lirik Lagu

Ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba agar tidak kehabisan kata-kata ketika membuat lirik lagu ala penulis lagu profesional:

1. Banyak membaca.

Bila perlu memperhatikan dan menikmati lirik lagu ciptaan orang lain. Ini bukan dengan tujuan mencontek, tapi benchmarking. Proses benchmarking itu melalui tahapan ATM (Amati, Tirukan, dan Modifikasi). Artinya, jika kita ingin memiliki lirik yang bagus dari lagu-lagu kita, jangan malu untuk mendengarkan karya orang lain. Amati lirik-liriknya, kemudian tirukan. Hanya saja jangan berhenti di sini, tapi Anda harus melakukan modifikasi. Ambil yang bagusnya, hilangkan yang kurang bagus, dan kita kreasikan dengan lirik hasil ciptaan kita sendiri. Proses ini sama dengan penulisan nonfiksi pada umumnya. Jika buntu, mungkin bisa ke tempat karaoke atau tempat hiburan musik lainnya untuk menemukan ide baru.

2. Banyak berlatih.

Artinya, semakin bagus seseorang membuat sebuah tulisan (termasuk lirik lagu), itu berbanding lurus dengan seringnya dia berlatih. Karena jenis ini termasuk keterampilan. Makin sering diasah makin lihai.

3. Jangan berhenti berinovasi dan berkreasi.

Bisa dilakukan dengan terus mencoba hal-hal baru. Jangan takut salah, jangan takut jelek, juga jangan takut gagal. Lakukan saja dengan penuh ketelatenan dan kerja keras.

www.penulislepas.com

Membuat Lirik Lagu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar