Rabu, 21 Oktober 2009

Tips Pintar membuka Butik Murah



Kesalahan yang paling sering dilakukan Butik-Butik Murah di Indonesia karena segmentasi pelanggan yang tidak jelas. Barang untuk perempuan dicampur dengan barang bayi, baju anak-anak dicampur jualan lingerie... alamakkkkkkk benar-benar gemas saya melihatnya... Idealnya jika segmentasi pasar jelas, sebuah butik murah dapat menjadi acuan para pelanggannya, misalnya untuk baju anak-anak datang saja ke butik 123 atau untuk tas-tas bermerek datang saja ke butik abc... Target market dapat ditentukan dari :

# Gender: Laki-laki / Perempuan / anak-anak / bayi...
# Sosial ekonomi pelanggan: Very high society, upper class atau urban class
# Umur target market butik murah

Lokasi...Lokasi...Lokasi...
Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh lokasi usaha tersebut. Setelah menentukan target baru memilih lokasi di mana target berkumpul. Misalnya, jika kita menjual barang untuk ABG lokasi terbaiknya adalah didekat sekolah favorit, bukan di Senci atau di Kemang. Jika target kita very high society, tempat yang pas adalah tempat yang sekelas Senci, bukan di ITC Cempaka Mas...

Jenis Barang Yang Akan Dijual
Supply = Demand??? Idealnya kita harus research kecil-kecilan...Jangan pernah menjual barang yang demand nya tidak jelas... Setelah demand jelas, pastikan supply nya ada dapat diperoleh di mana dan sumber barang tersebut dapat menjamin pasokan secara kontinyu.... Kalau tidak kontinyu, barang di butik murah habis kita bisa kebingungan sendiri, apalagi kalau sumber barang itu di luar negeri yang untuk jalan ke sananya diperlukan prosedur berbelit...

Dekorasi
Dekorasi sangat berperan untuk memancing orang masuk ke dalam butik murah dan dekorasi yang impresif bisa membuat orang betah berlama-lama duduk dan memancing orang untuk membeli.

Promosi
Promosi memang membutuhkan budget, namun budget yang besar belum tentu efektif jika tidak dapat menjangkau target market kita, yang ada malah membuat harga barang kita jadi semakin mahal dan tidak kompetitif.Mengikuti pameran dan bazaar juga sangat ampuh namun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit malah kadang tidak langsung seketika berdampak pada butik murah kita.

belanja-sampai-mati.blogspot.com

Tips Pintar membuka Butik Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar