Senin, 15 Maret 2010

Apartemen



Denyut perekonomian kota bandung semakin terasa sejak dibukanya jalan tol purbaleunyi, yang memberikan akses cepat dari ibu kota jakarta, pada 2005. Sektor pariwisata dan perdagangan bergiat tumbuh. Properti, seperti apartemen, pun kecipratan pertumbuhan ini.
Kehadiran jalan berbayar tersebut membuka lebar arus kunjungan ke bandung rata-rata 21.000 orang per hari. Bahkan pada akhir pekan pengunjung mencapai 61.000 orang.
Eva (31), karyawan bank nasional di jakarta, beberapa kali menyewa apartemen di pusat kota bandung saat berlibur bersama keluarga. "kalau ingin menginap, orang langsung teringat pada hotel. Padahal, mencari hotel yang bagus di bandung saat akhir pekan susahnya bukan main," katanya.Biaya menyewa apartemen tidak jauh berbeda dari hotel. Harga sewa satu unit rata-rata rp 700.000 per malam. Ini nyaris setara dengan harga kamar di hotel berbintang empat."menginap di apartemen cocok untuk keluarga. Ruangannya lebih luas dan dibagi menjadi dua atau tiga kamar. Ada dapur dan peralatan masak pula," ia menambahkan.
sewa apartement memang memiliki dua keuntungan. Pertama sebagai tempat tinggal yang nyaman dengan fasilitas lengkap sekelas hotel berbintang. Kedua sebagai investasi yang menguntungkan.
Andrew (21), mahasiswa perguruan tinggi swasta di bandung, mengatakan, setahun terakhir ia tinggal di apartemen setelah sebelumnya indekos dengan biaya rp 1 juta per bulan. "daripada uang habis untuk sewa kos, ayah membeli apartemen di sini. Sekarang masih dicicil, tapi nanti kalau sudah lunas kan jadi hak milik. Nah, setelah itu bisa disewakan atau dijual lagi," ujar mahasiswa asal jakarta ini. Kota tujuanBagi pengelola apartemen, karakteristik kota bandung merupakan nilai lebih bila ingin menanamkan modal di sektor properti. Ambil contoh, the majesty hotel & apartement, apartemen pertama di bandung, yang dikelola bandung inti residence sejak 2003.
Dalam perkembangannya, perusahaan itu mengelola dua sewa apartement lagi, yaitu grand setiabudi (2005) dan galeri ciumbuleuit (2006). Semua unit di tiga menara itu telah laku terjual.
Apartemen the majesty dan galeri ciumbuleuit berlokasi di dekat kampus, yaitu universitas maranatha dan universitas parahyangan. Adapun grand setiabudi tak jauh dari kawasan wisata lembang yang berhawa sejuk.




Http://cetak.kompas.com

Apartemen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar