Selasa, 09 Maret 2010

Membeli Rumah dengan Empat Pertimbangan

Membeli rumah merupakan salah satu cara berinvestasi yang baik untuk dilakukan. Diperlukan banyak pertimbangan sebelum membuat keputusan besar itu selain pembayaran hipotek.

Sebelum tergesa-gesa membayar uang muka untuk rumah impian, sebaiknya tilik kembali kondisi finansial Anda dan buat keputusan terbaik sesuai situasi yang ada.


Biaya ekstra
Banyak orang berpikir, apabila jumlah uang sewa yang mereka bayar untuk mengontrak rumah sama besarnya dengan pembayaran hipotek, maka lebih baik mengeluarkan uang tersebut untuk membeli rumah yang akan menjadi hak milik. Cara berpikir seperti itu memang logis. Akan tetapi, keinginan memiliki rumah lebih dari sekadar kewajiban membayar hipotek.

Ketika Anda membeli rumah, pertama-tama Anda harus membayar sejumlah besar uang sebagai uang muka. Lantas, Anda juga harus membayar pajak properti, asuransi rumah, serta mengeluarkan sejumlah besar uang lagi untuk perawatan dan perbaikan rumah. Menurut pakar finansial Suze Orman, jika dijumlahkan maka Anda harus menambahkan sekitar 40-45 persen dari jumlah hipotek sebagai total biaya yang harus dikeluarkan perbulan.


Rencana masa depan
Jika Anda telah memiliki uang muka rumah dan sudah mempersiapkan diri untuk semua biaya ekstra, maka hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah berapa lama Anda berencana tinggal di rumah tersebut. Jika ada kemungkinan besar Anda harus pindah lagi dari sana, maka menyewa rumah barangkali menjadi pilihan yang lebih bijaksana. Sebab, Anda tidak perlu melewati kesulitan untuk menjual kembali rumah tersebut.

Selain itu, stabilitas pekerjaan yang Anda miliki sekarang juga menjadi faktor lain yang harus dipertimbangkan. Jika Anda seorang lulusan sarjana baru, atau seorang karyawan perusahaan yang memiliki kemungkinan kehilangan mata pencaharian, lebih baik tunda dulu keinginan untuk membeli sesuatu yang bernilai besar. Walaupun mungkin itu adalah
perumahan murah.


Nilai jual kembali
Jika Anda berencana untuk tinggal di rumah tersebut selama setidaknya dua tahun, maka membeli rumah bisa menjadi investasi yang baik. Akan tetapi, jika Anda membeli sebuah rumah dan berusaha menjualnya kembali tidak lama setelah itu, lebih baik pertimbangkan kembali rencana tersebut.

Dalam kondisi pasar seperti sekarang, menjual rumah bukan pekerjaan mudah. Apabila Anda membutuhkan dana tunai secara mendadak, Anda mungkin tidak akan bisa menjual kembali rumah tersebut dengan harga yang layak.


Biaya operasional
Pertimbangakan biaya operasional perbulan yang mesti Anda keluarkan jika Anda tinggal di rumah tersebut. Jika Anda berkantor dengan jarak yang sangat jauh dan menghabiskan biaya operasional yang sangat besar, lebih baik bersabar menunggu lokasi yang tepat dan memudahkan Anda menuju ke tempat kerja tanpa harus mengeluarkan biasa operasional yang bisa dihemat. Tentunya bukan sekedar perumahan murah yang ingin dicari.

www.mediaindonesia.com

Membeli Rumah dengan Empat Pertimbangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar