Kamis, 18 Maret 2010

Memulai Usaha Cth Konsultan Pajak



Pembaca "iso 9001 forum" yg budiman, kenapa saya punya gagasan untuk memberi tips memilih konsultan pajak iso 9001 yg bisa diandalkan ini? Jawaban saya adalah, agar jangan sampai "pengalaman buruk" yg kami alami menimpa anda juga. Yang akhirnya hanya membuang-buang waktu, biaya, tenaga dan sumber daya lainnya. Kenapa hal itu bisa terjadi? Jawaban saya: karena "salah pilih" konsultan pajak. Setidak-tidaknya itu menurut pendapat saya.
Di sini saya tidak ingin menjelaskan ciri-ciri "konsultan salah pilih" itu. Sebaliknya, saya akan men-sharingkan bagaimana ciri-ciri "konsultan iso 9001 yg bisa diandalkan". Ini sesuai dengan "ajaran" positive thinking, di mana jika yang ada di pikiran kita adalah hal-hal negatif, hal-hal yg buruk, kegagalan, kesalahan, dsb, maka akan mengarahkan kita kepada hal-2 negatif tsb. Maka hal-hal buruklah yg akan menimpa kita.
Tetapi, pembaca iso 9001 forum yg budiman, jika pikiran kita diisi dengan hal-hal positif, kebaikan, kesuksesan, kebenaran, dsb, maka hal-hal positif, dan kesuksesanlah yg akan terjadi pada diri kita. Setidaknya saya sudah membuktikannya (maaf sudah agak ngelantur...). Itu pulalah yg saya harapkan terjadi pada diri anda. Hal-hal positif, kesuksesan, dsb.
Kembali ke soal "jasa konsultan pajak iso 9001 yg bisa diandalkan". Ciri-cirinya adalah sbb (sekali lagi ini berdasarkan pengalaman lapangan. Bukan teori):
- menguasai materi konsultan. Yakni memahami betul dan bisa menjelaskan secara jelas dan mudah dipahami klausul-klausul yang ada di standard internasional iso 9001. Ini terutama harus bisa menjawab pertanyaan 5w+1h berikut, yakni:
1. What? Apa itu system manajemen mutu iso 9001 ( - quality management system iso 9001 - qms iso 9001)? Dalam hal ini konsultan iso 9001 yg bisa diandalkan akan mampu menjelaskan secara gamblang kenapa system manajemen ini menggunakan nama iso 9001:2000, atau iso 9001:2008, dst. Apa arti kata iso, dan apa pula makna angka-angka tsb. Di samping itu, ia juga bisa menjelaskan perbedaan qms iso 9001 dengan system manajemen lainnya, selain juga mampu menjelaskan tentang pendekatan system, pendekatan proses, siklus pdca dalam qms iso 9001, apa itu mutu atau quality, persyaratan pelanggan, pelanggan, dsb, dsb. Coba sekali-kali ditanyakan: "sebenarnya mutu atau quality itu apa, sich, pak/bu?. Atau mencakup apa saja?"
Di samping mampu menjelaskan, konsultan iso 9001 yg bisa diandalkan biasanya juga mampu memberi contoh. Dia tidak sekedar mengatakan: "persyaratannya berbunyi seperti itu!". Misalnya contoh kebijakan mutu (quality policy), manual / pedoman mutu, (quality manual), prosedur mutu (quality procedure), instruksi kerja (work instruction), dsb, termasuk struktur dan penomoran dokumen. Kalau kita tidak mendapatkan konsultan pajak online iso 9001 yg bisa diandalkan, bukan tidak mungkin proses sertifikasinya akan terhambat. Terutama jika kebetulan auditor dari badan sertifikasinya sangat teliti sekali.
2. Why? Mengapa organisasi perlu menerapkan system manajemen mutu iso 9001 (quality management system iso 9001 - qms iso 9001)?
3. When? Kapan organisasi perlu menerapkan system manajemen mutu iso 9001 (quality management system iso 9001 - qms iso 9001)?
4. Where? Di mana (area, cakupan) perlu menerapkan system (manajemen mutu iso 9001quality management system iso 9001 - qms iso 9001)?

Pembaca iso 9001 forum yg budiman, sharing lebih detail untuk nomor 2 s/d 6 akan saya tulis suatu saat nanti jika sudah ada waktu luang lagi. Sementara itu, silakan mencari informasi lain di link-link seputar artikel ini untuk berbagai informasi yg anda butuhkan, yg kebetulan belum anda dapatkan di blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih, semoga sukses selalu, dan... Salam mutu untuk para konsultan pajak online

Http://iso-9001-forum.blogspot.com

Memulai Usaha Cth Konsultan Pajak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar