Senin, 22 Maret 2010

Trend Desain Bangunan & Properti 2010 Ramah Lingkungan



Desain Bangunan rumah tinggal pada tahun 2010 akan lebih mengarah ke human yang ramah lingkungan dan tidak mengacu pada dominasi style tertentu. Namun, secara tampak, desain yang simpel dengan bentuk minimal masih banyak memengaruhi desain arsitekrur pada 2010 ini.

Desain arsitektur dan interior seperti juga fashion, selalu berputar dan berevolusi sejalan dengan isu yang sedang "in". Pada saat ini seluruh dunia sedang bersama-sama menghadapi krisis global warming yang secara perlahan, tapi pasti sedang merusak lingkungan kita.

Arsitekrur sebagai bidang yang berhubungan langsung dengan lingkungan sudah sewajarnya berdiri di paling depan dalam mengatasi krisis tersebut. Sebagai bentuk kepedulian kita sebagai seorang arsitek, desain secara langsung maupun tidak langsung makin mengarah kepada bangunan yang green dan sustainable.

Green architecture atau desain yang "hijau" sebenarnya tidak mengacu ke satu jenis style, tetapi lebih mengarah kepada desain dan proses penggunaan bangunan yang ramah lingkungan, serta bisa menjaga kelestarian sumber daya alam kita dengan cara mengefisiensikan penggunaan listrik maupun air selama bangunan tersebut digunakan.

Tujuan utama dari Desain Bangunan green building ini adalah mengurangi dampak negatif sebuah bangunan terhadap baik lingkungan dan kesehatan kita sebagai penghuninya.Yang menjadi ciri dari sebuah green building di antaranya adalah lebih banyak mang terbuka (tanaman) sehingga perbandingan antara bangunan dan ruang terbuka lebih harmonis. Fenestrasi pada massa bangunan baik yang bersifat visual (jendela dan pintu lebar) juga akan bertambah guna memaksimalkan cahaya alami yang masuk pada setiap ruang sehingga dapat menghemat penggunaan lampu pada siang hari.

Perancangan letak fenestrasi yang baik juga bisa menciptakan cross ventilation sehingga penggunaan AC dapat diminimalisasi. Penggunaan material daur ulangjuga makin marak di pakai se bagai bagian dari bangunan, apakah yang bersifat struktural maupun sebagai pengisi. Ciri lain yang terlihat adalah penggunaan sumur resapan sebagai sarana untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Penggunaan tanaman (soft-scape) sebagai bagian dari desain arsitekrur juga mulai banyak diterapkan sebagai usaha memperluas bidanguhijau". Penerapannya bisa pada bidang vertikal i sebagai penutup dinding, tanaman ram bat, kisi-kisi dengan rambatan pohon, pot-pot yang disusun vertikal atau sebagai partisi maupun pada bidang horizontal. Beberapa bangunan, bahkan sudah lebih maju lagi menggunakan sumber energi alternatif seperti panel-panel photovoltaic sebagai sumber energi listrik. Respons pengembang terhadap masalah lingkungan yang sedang kita hadapi saat mi cukup tanggap. Beberapa pengembang besar sudah memakai ide "rumah ramah lingkungan" tersebut sebagai marketing gimrnxk dan bahkan sudah diterapkan pada desain rumah-rumah yang mereka jual ke publik.

wwf.or.id

Trend Desain Bangunan & Properti 2010 Ramah Lingkungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar