Rabu, 07 April 2010

Manis-Manis Lengket Kue Moci


Kue moci banyak versinya ada yang dari Cianjur, Sukabumi atau dari Jepang dan Cina. Teksturnya lembut mentul-mentul sangat enak saat dikunyah. Tentu saja rasanya manis legit apalagi jika ada isinya, kacang hitam, kaang tanah atau kacang merah. Nyam...nyam manis!

Kue moci merupakan salah satu camilan manis khas Cina yang sudah banyak mengalami adaptasi di dunia. Di Indonesia saja ada berbagai jenis moci, versi Cianjur, Sukabumi atau Semarang, semuanya berbeda. Di daerah Glodok ada penjual moci yang tersohor karena dibuat secara 'a la minute', sesaat sebelum dibungkus, adonan moci dipotong dan dibalut tepung, wijen atau kacang cincang yang lembut.

Bentuk moci ada yang kecil, agak besar, ada yang bundar atau segi empat. Karena dibuat dari bahan tepung ketan maka tekstur moci juga sama, kenyal dan lembut. Isinya juga beragam, ada kacang tanah, kacang merah, kacang hitam atau wijen.

Yang paling enak ya Kue moci segar yang baru dibuat. Karena itu saya tidak pernah membeli moci yang dijajakan di warung buah dan sayur di sepanjang jalur Puncak. Pastinya agak basi karena sudah lebih dari 3 hari digantung dan terkena panas.

Moci buatan resto Lai Ching ini saya cicipi minggu lalu. Bentuknya lebih besar, dua kali lipat dari moci biasa. Adonannya sangat lembut, mentul-mentul. Saat digigit, keluar isinya kehitaman, saya menduga pastinya kacang hitam yang dihaluskan. Bagian luarnya dibalut kacang tanah sangrai yang dicincang. Rasanya? Hm...manis legit di bagian dalam dan gurih renyah di bagian luar dengan aroma kacang yang wangi!

Tak hanya cocok buat pencuci mulut, Kue moci juga enak dinikmati dengan secangkir teh atau kopi hangat.

meok.detik.com

Manis-Manis Lengket Kue Moci Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar