Senin, 15 November 2010

Tips Perawatan AC Mobil



Agar usia mobil dpt bertahan lama sudah seharunya anda melakukan perawatan mobil secara berkala. dan perawatan mobil tidak hanya terpaku pada service rutin semata akan tetapi perawatan mobil mulai dari service hinggal pemakaian harian. dan salah satunya cara anda menghidupkan AC mobil Anda. Jika kita ingin menghidupkan AC mobil, lakukanlah pada saat RPM rendah. Posisi RPM (atau rotation per minute) rendah ada pada saat mesin idle, ketika pedal gas tidak kita injak. Langkah seperti ini perlu kita lakukan jika kita ingin merawat AC.

Alasan teknis (perawatan mobil) ini sebenarnya sangat sederhana. Yaitu, untuk menghindari gesekan yg terlalu keras antara pulley dan pressure plate (plat penekan) pada kompresor AC. Pulley dan pressure plate memang menjadi komponen yg sangat penting dalam sistem kerja AC. Pressure plate adalah komponen yg bertugas sebagai penghubung sehingga poros kompresor AC dpt berputar. Perawatan mobil.

Tugas sebagai penghubung itu baru bisa dijalankan setelah pressure plate menempel ke pulley. Pressure plate ini akan mendekati (sampai melekat) ke pulley ketika kita menghidupkan AC. Problemnya, pulley adalah komponen yg selalu berputar selama mesin hidup. Dan, putaran pulley itu berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat.

Tinggi rendahnya putaran pulley tergantung kerja mesin. Pulley akan berputar cepat ketika putaran mesin per menit (RPM) tinggi. Sebaliknya, lambat saat putaran mesin per menit rendah. Dari cara kerja itu kita bisa memperkirakan, kapan waktu yg tepat untuk menempelkan pressure plate ke pulley. Dan kita pun bisa membaygkan apa yg terjadi jika kita menempelkan pressure plate pada saat putarannya sangat kencang. Pada putaran kencang, gesekan antara permukaan pressure plate dan pulley akan sangat keras.

Jika kebiasaan ini terus terulang, permukaan gesek dua komponen ini akan cepat aus. Jika sudah terlanjur aus, efek berikutnya cukup merepotkan: tenaga putar mesin tidak dpt diteruskan secara maksimal ke kompresor AC. Teknisi menyebut kondisi ini dgn istilah slip. Ada dua dampak lanjutan yg umumnya pengendara rasakan jika terjadi slip. Pertama, AC terasa kurang dingin. Kedua, terdengar suara berisik pada kompresor AC. Dampak yg membuat kita kurang nyaman, bukan? Karena itu, jika ingin menghidupkan AC, lakukanlah pada saat RPM rendah.

Sumber: hasil1st.wordpress.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Tips Perawatan AC Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar