Senin, 14 Februari 2011

Angkat Gengsi Dengan Giok China Yang Unik

Keindahan warna-warni karya seni batu giok merupakan magnet bagi para penggemarnya. Batu yang indah dan mahal ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Batu giok atau jade ini dirancang dengan bentuk cincin, gelang, kalung, bahkan dibentuk menjadi patung dengan berbagai ukiran yang memukau.Batu giok yang bagus disebut jadeite jade dengan tingkat kekerasan 6,5-7 Moh's scala, sementara berlian punya tingkat kekerasan 9-10 skala Moh's. Banyak jenis giok dan termasuk setengah permata dan permata.


"Yang jenis permata adalah jadeite jade. Dengan kandungan unsur silikat, sodium dan alumunium. Kristalnya monoclinic."

Batu giok tak hanya berasal dari China. Bahkan, kata Teguh, batu giok yang bagus dari Myanmar, tapi garapan yang bagus ada di China. Batu yang cukup keras ini diukir oleh pekerja seni dengan teknik khusus dan butuh kesabaran serta ketelitian.Salah satu hasil seni giok yang bagus adalah masa Post 1800 Chinese Jade, dengan ukiran yang sangat indah dan bergarga mahal. Batu giok dikenal di China sejak 5000 tahun sebelum masehi, di Jepang pada 4500 tahun sebelum masehi, pada masa abad XII dan masa Kubilai Khan juga sangat populer.

Dalam tradisi China, bila giok yang diukir dengan gambar naga yang merupakan lambang raja atau penguasa lima alam, sementara gambar ular lambang kecantikan, harimau simbol kekuatan dan monyet simbol kebijaksanaan."Orang China mengukir simbol pada giok ada artinya. Ukirannya makin rumit makin mahal, apalagi batunya bagus. Giok yang asli harus dites dengan hasil standar kekerasannya, uratnya atau seratnya bagus, makin mengkristal makin mahal."

Sumber

Angkat Gengsi Dengan Giok China Yang Unik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar