Selasa, 24 Mei 2011

Pemanasan Dalam Olahraga Futsal Sangat Penting

Untuk menghindari cedera pada Olahraga futsal atau sepakbola, penting untuk melakukan pemanasan, peregangan sebelum permainan dan juga pendinginan serta peregangan setelah permainan.


Pemanasan dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan ringan atau jogging selama 5-10 menit, pemanasan akan menghangatkan otot dan persendian sehingga otot menjadi lebih lentur dan tahan terhadap cedera.

Setelah itu lakukan peregangan yakni dengan meregangkan otot selama 8-10 hitungan pada bagian telapak kaki, betis, tungkai, pinggang, bahu, lengan dan kepala. Pendinginan adalah mengurangi latihan secara bertahap sebelum latihan dihentikan, misalnya dengan lari-lari kecil atau senam ringan. Pendinginan akan mencegah terjadinya gejala “pusing” yakni dengan menjaga aliran darah, karena jika latihan yang berat dihentikan secara tiba-tiba maka darah akan terkumpul di dalam vena tungkai sehingga menyebabkan berkurangnya aliran darah ke kepala. Pendinginan dan peregangan juga akan membantu membuang limbah metabolik, misalnya asam laktat dari otot sehingga terhidar dari rasa pegal-pegal setelah berolahraga.

Diantara semua hal yang harus dilakukan, hal yang terpenting lagi adalah apabila anda bukan pemain futsal profesional, lakukanlah olahraga ini hanya untuk fun dan mencari kebugaran saja sehingga nantinya tidak mengalami cedera yang bisa merugikan diri sendiri ataupun orang lain yang menjadi lawan bermain.Selamat Ber-Futsal atau Sepakbola dan aman dari cedera

Temukan info lebih lengkap seputa olahraga futsal

Pemanasan Dalam Olahraga Futsal Sangat Penting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar