Selasa, 24 Juli 2012

Trik Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Motor




Melakukan perjalanan jauh dengan motor memang perlu persiapan yang baik kerena, saat berjalan jauh tidak hanya pengendaranya saya yg butuh stamina yang fit dan membawa perlengkapan, tapi motor juga perlu di persiapkan kondisinya agar siap untuk di bawa perjalanan jauh, berikut ada beberapa tips untuk anda:


1. Check-up lah motor kita. Kalau memang kita mau melakukan perjalanan yang sangat jauh,baiknya kita bawa motor kita ke bengkel, ganti olinya, bilang ke tukang service kalo motor kita ini akan dibawa jauh, jadi biar dia menge-check lebih menyeluruh. Accu, busi, rantai, rem cek apakah masih layak. Setelah diservice dan ganti oli cucilah motor (karena dengan mencuci kita secara tidak sengaja mengecek keadaan motor kita selain membersihkan dari kotoran dan itu adalah salah satu merawat motor agar awet).

2. Sebelum pergi check motor kita lagi. Ban dicek tekanannya, lampu depan, belakang, lampu rem, lampu sign, lampu dim, klakson pastikan semuanya menyala dengan baik. Rem juga dicek.

3. Cek peralatan yang akan kita bawa dan peralatan naik motor. Pake helm standar, yang ada kaca (yang bisa melihat jernih dan tidak silau jika kena cahaya) terus pake tali yang mengikat ke janggut kita. Pake jaket yang tebal, kalau bisa menutupi leher dan pakailah celana jeans. Semua itu demi keamanan kita (misalnya terjadi kecelakaan) tapi usahakan senyaman mungkin. Jangan lupa SIM dan STNK. Juga jas hujan.

4. Sebelum berangkat makan yang cukup, kalau bisa minum doping (kopi) tapi jangan minum obat-obatan yang bikin ngantuk.

5. Dalam perjalanan usahakan konsentrasi penuh jika berjalan di atas 60 km/jam. Menurut saya sebagian besar kecelakaan terjadi karena konsentrasi pengendara yang kurang atau lengah sedikit saja. Lebih baik kija kita mengendarai dengan kecepatan stabil, karena akan lebih mengirit bahan bakar dan menjaga keadaan mesin motor.

6. Pegang handle rem tangan terus kalau kecepatan tinggi, jangan dilepas, karena dengan memegang handle maka refleks jika mau mengerem mendadak akan lebih cepat daripada kita melepas handle rem dan memegang gas dengan seluruh jari. Begitu juga dengan rem kaki selalu siap untuk mengerem mendadak.

7. Jangan paksakan diri jika kita lelah atau pegal. Istirahatlah sebentar, misalnya tiap 2 atau 3 jam. Istirahat bisa saat mengisi bensin, makan atau sholat. Dan jangan paksakan motor untuk jalan terus. Istirahatkan motor selama ½ jam, karena mesin motor juga butuh istirahat dan pendinginan.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang jaket motor

Trik Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar