Selasa, 24 Juli 2012

Trik Penggunaan Handy Talky Saat Emergancy




Penggunaan Handy Talkie pada saat emergency memang di perlukan full baterey karena saat genting seperti itu komunikasi lancar menjadi modal tercapainya tujuan, berikut ada beberapa cara penggunaan HT saat emergency:

Power / daya listrik
Daya listrik ada hal paling penting dalam hal ini. Tanpa listrik / battery, HT agan tak akan berfungsi sama sekali sebagai alat komunikasi.
Tips: belilah battery case yang bisa diisi dengan battery biasa; kemudian siapkanlah battery alkaline dalam jumlah cukup untuk komunikasi aktif selama 72 jam. Battery alkaline lebih lama tahan disimpan, dan lebih tahan lama ketika digunakan.
Baik juga menyiapkan battery rechargable cadangan yang sudah terisi penuh, namun batt case dan batt alkaline lebih praktis dalam hal ini (batt bisa dipinjamkan/ diberikan ke rekan lain dst).
Antena HT
Antena standard cukup baik jika anda memiliki fasilitas repeater yang bisa diakses dalam kondisi darurat. Namun dalam kondisi terburuk, repeater terpaksa mati karena kerusakan, HT tersebut hanya bermanfaat untuk komunikasi jarak pendek (2-3km) dan monitoring.
Dengan antena yang baik, agan juga bisa menghemat penggunaan battery, dengan low power sudah bisa menjangkau jarak yang lebih jauh.
Tips: siapkan antena after market cadangan, disarankan antena teleskopik 5/8 lambda, panjang kurang lebih 90-120m, dan disimpan bersama-sama dengan batt cadangan.
Spesifikasi radio
Pilihlah radio dengan output power minimal 4-5watt. Akan lebih baik lagi jika anda memiliki HT yang tahan benturan, tahan percikan air/ hujan (waterproof), atau bahkan tahan jika ditenggelamkan (submersible). Ada HT jenis tertentu yang jika jatuh ke air akan terapung, mantab kan?
Tips: Jika HT anda belum tahan air, belikan plastik zip ganda (bisa dibeli di supermarket atau toko hardware), untuk menyimpan HT, bahkan juga dompet dan jam tangan, jika terpaksa harus berbasah-basah.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam menggunakan HT Saat Genting, temukan informasi menarik tentang rental ht

Trik Penggunaan Handy Talky Saat Emergancy Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar