Kamis, 07 Februari 2013

Bicara Pilih Desain Jasa Grafis Buat Bisnis

Memilih jasa desain grafis memang perlu memperhatikan beberapa hal syarat yang di perlukan agar anda dapat mempercayai keahlian jasa orang tersebut untuk membuat bisnis anda jadi lebih maju berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Belum ada sertifikasi profesi untuk designer grafis (pertanyaan untuk ADGI ni), menilai pekerjaan mereka sangat subjektif. Apabila anda mengarahkan pilihan anda pada agensi, studio atau freelance designer, berikut adalah yang perlu anda perhatikan:

    Portfolio. Hal terpenting adalah lihat pekerjaan apa saja yang telah mereka kerjakan. Sangat penting untuk mengukur bagaimana kemampuan dan sensibilitas design-nya. Apakah anda menyukai pekerjaanya? Apakah telah mampu berkomunikasi dengan baik? Terlalu sibuk atau pekerjaan lama yang ditampilkan.

    Pengalaman. Tanyakan profilnya, lihat daftar clientnya, lihat pula kapasitas tim (bila ada –designer,copywriter, art director, strategic planner) dan telah berapa lama berdiri/bekerja.
    Referensi atau testimonial. Cek profil onlinenya, review apakah ada referensi atau testimonial mengenai kredibilitas pekerjaannya. Referensi dari orang yang kita kenal akan lebih terpercaya.
    Apa latar belakang pendidikannya? Gunakan penilaian objektif anda. Bisa saja dari pendidikan formal seperti Universitas jurusan desain, dari Akademi, ataupun dari kursus desain grafis. Yang perlu diingat adalah, anda mencari orang yang mampu berfikir kreatif, tidak hanya mereka yang dapat mengoperasikan software grafis. Desain grafis lebih pada mengkomunikasikan gagasan, bukan sekedar materi dari photoshop atau illustrator. Namun jangan remehkan mereka yang tanpa latar belakang pendidikan formal, pengalaman masih guru yang terbaik. Ingat, ini tentang usaha anda.
    Harga itu pasti. Kecuali anda sedang menekan biaya seminimal mungkin (ingat ini adalah investasi). Sangat tergantung dengan nilai pekerjaan bagi designer dan budget yang anda targetkan. Tergantung juga dengan wilayah, nilai pendapatan perorang daerah. Tergantung pula pengalaman antara masih belum 1 tahun dengan 4 – 5 tahun. Pastikan nilai pekerjaan sebelum project tersebut dikerjakan.
    Waktu itu penting. Jangan menjadi kebanyakan client yang memaksa desain logo selesai dalam 3-7 hari. Sebenarnya itu kurang tepat, maka pastikan anda memulai lebih awal untuk memberikan cukup waktu bagi tim kreatif untuk riset, organize, dan proses kreatif sambil tetap memperhatikan deadline anda. Untuk designer yang professional, mereka akan membuat timeline dan mendiskusikannya dengan anda. Proses yang paling memakan waktu adalah revisi (karena keterangan sejak awal kurang lengkap).

Demikian pembahasanya dalam memilih jasa desain grafis semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang Jasa Desain Grafis



Temukan artikel terkait:   Tips Mendesain Kemasan Produk

Bicara Pilih Desain Jasa Grafis Buat Bisnis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar