Senin, 20 Desember 2010

Cara Memaksimalkan Settingan Blogger Bagi Pemula

Halo jumpa lagi. Setelah kemarin merencanakan dan membuat blog, sekarang kita belajar untuk menseting blog agar maksimal dan blog cepat terindeks pada beberapa major search engine seperti Google, Yahoo!, dan Bing. Sebenarnya terdapat ratusan bahkan ribuan mesin pencari, namun walau begitu mereka hanya meminjam atau memakai atau menyewa sistem dari yang 3 itu.

Langkah pertama adalah memasang deskripsi blog kita. Blog yang baru dibuat pada blogspot biasanya register awal belum disertakan deskripsi. Maka mari kita buat.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login ke dashbord,
2. Klik Settings,
3. Lalu isi kolom Description (sesuaikan dengan konten blog Anda),
4. Jika sudah, klik SAVE SETTINGS.
===================================================================

Sekarang kita masukkan meta. Meta adalah bagaimana search engine menangkap judul, dan deskripsi blog kita.

Caranya yaitu:

1. Klik Design,
2. Klik Edit HTML
3. Letakkan format seperti di bawah ini persis di bawah tag <head> :

<meta content='adalah blog seo,tutorial blog...bla..bla..blaa' name='description'/><meta content='tutorial blog, blog toturial, seo blog . bla..bla..bla' name='keywords'/><meta content='Denny Farhan' name='Author'/><meta content='all' name='robots'/><meta content='index, follow' name='robots'/>

Di atas hanyalah contoh saja. Apabila kesulitan maka copy paste dulu format di bawah ini persis di bawah tag <head>:
<meta content='Isi dengan description blog anda' name='description'/>
<meta content='keywords 1, keywords 2, keywords 3' name='keywords'/>
<meta content='masukan nama anda.' name='Author'/>
<meta content='all' name='robots'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>


Catatan: Sebelum melakukan sesuatu pada halaman Edit HTML hendaknya kita backup dulu templatenya agar jika terjadi kesalahan kodenya atau ada yang terhapus, bisa dibackup. Cara klik pada Download Full Template.

Nah lalu isikan titik-titiknya sesuai dengan blog Anda. Description boleh disamakan dengan bunyi yang tertera tadi pas saat Anda mengisikan kolom Descriptions pada halaman Settings.

Untuk keywords juga isikan sesuaikan konten Anda, hendaknya tidak lebih dari 25 kata yang dipisahkan dengan "," (koma). Nah untuk Author boleh cantumkan Nama Anda atau email Anda saja, atau keduanya juga boleh.

4. Jika sudah klik SAVE TEMPLATE

Udah belum? Hehehe...bisa kan?

Pada Bagian meta juga hendaknya tidak tergesa-gesa seperti menentukan judul dan URLblog di awal, karena hal itu dibutuhkan oleh search engine spider untuk mengenali blog Anda dan menampilkannya.

Jika sudah selesai membuat meta, boleh dicek akurasinya pada meta tag analyzer tool klik di sini, atau yang ini.

Caranya mudah, tinggal isikan URL blog Anda lalu isikan kode captcha dan klik Submit. Nah keliatan kan cocok enggaknya konten blog kita dengan Title dan Descriptions nya. Jika Title,Description, dan Keywordsnya masih belum mendekati 100%, hendaknya kita merubahnya hingga mendekati 100%.

Baiklah itu saja dulu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat yang baik datangnya dari Allah swt, dan khilaf dan keliru dari saya pribadi. Insya Allah materi berikutnya submitblog ke search engine dan verifikasi.

Selamat mencoba!

Cara Memaksimalkan Settingan Blogger Bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar