Kamis, 02 Desember 2010

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Menyetir pada saat hujam memang merepotkan karena jalanan licin banyak orang yang takut kecipratan air genangan oleh karena itu hal tersebut jadi membuat macet jalanan karna orang jalannya pun jadi hati-hati dan pastinya macet berikut ini ada tips untuk berkendara pada saat hujan:

1. Jangan lupa selalu bawa jas hujan. Ketika mulai turun hujan dan anda sedang berkendara maka jangan panik tetap tenang dan segera ke tepi untuk berhenti dan menggunakan jas hujan. Pastikan kepala tetap leluasa untuk di gerakan jangan sampai terkekang oleh jas hujan anda. Dan pastikan jas hujan anda tidak menutupi anda untuk melihat ke belakang melalui spion.

2. Selalu bawa kain lap, busi cadangan serta alat pemasang dan pencopot busi. Kenapa harus membawa cadangan busi ? Karena tidak tahu kapan sepeda motor kita mogok dan tidak tahu apakah saat sepeda motor kita mogok ada bengkel atau toko penjual suku cadang yang masih buka. Di kota-kota besar saat ini tatkala hujan sering banjir atau ada air yang menggenangi jalan yang mana sangat rawan untuk masuk mengenai busi sepeda motor kita. Faktor utama yang sering menyebabkan sepeda motor mogok tatkala musim hujan adalah busi kemasukan air. Jika mogok copot busi dan bersihkan busi serta tempat busi. Cara membersihkannya, setelah busi di copot tutup tempat busi dengan kain kemudian� seperti saat mau menyalakan sepeda motor. Tujuannya untuk mengeringkan tempat busi dari air. Jika masih tidak bisa maka ganti saja dengan busi yang baru.

3. Tetaplah memakai sepatu jangan memakai sandal jepit saat berkendara sepeda motor apalagi disaat hujan. Pada umumnya orang lebih sayang sepatunya daripada keselamatan dirinya, padahal dengan menggunakan sepatu akan membuat kita lebih aman saat berkendara apalagi di saat hujan dimana jalan banyak yang licin.

4. Saat hujan celana jangan di lipat. Mengapa ? Karena dapat membahayakan kaki anda. Pertama bahaya terkena panasnya mesin sepeda motor dan yang kedua berbahaya kalau terjatuh kaki tidak terlindungi sehingga rawan luka.

5. Saat hujan pastikan lampu sepeda motor anda selalu menyala. Dalam keadaan hujan kurangi kecepatan anda dalam berkendara sekalipun di tempat yang sepi. Jaga jarak yang cukup dengan kendaraan di depan anda. Hujan dapat menghalangi pandangan kita untuk itu kita harus berhati-hati karena setiap saat kita mungkin memerlukan tindakan untuk berhenti mendadak mungkin karena ada jalan yang berlubang, mungkin ada orang yang menyeberang jalan, mungkin juga ada kendaraan berlawanan arah dengan kita yang sedang menyalip. Nah di saat hujan rem terkadang tidak berfungsi seakurat seperti saat tidak hujan karena sekalipun roda sudah berhenti ban sepeda motor cukup licin untuk bergesekan dengan jalan. Dan ingat saat mengerem akan lebih bagus jika menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan serta sedikit demi sedikit. Buat anda yang butuh mobil sewaan untuk perjalanan jauh atau apapun itu anda bisa datang langsung ke rental mobil

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tips Aman Berkendara Saat Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar