Selasa, 07 Desember 2010

Tips Sewa Mobil - Panduan Yang Harus di Ketahui

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui saat menyewa mobil berikut tipsnya:

  1. Tentang Rental Mobil
    Semua rental mobil yang tercantum dalam daftar rental mobil di situs ini sudah memiliki izin usaha yang diterbitkan oleh pemerintah. Namun, tidak seperti Hertz atau Avis, rental mobil di Indonesia biasanya memang dikelola langsung oleh pemiliknya. Hal ini memberikan peluang untuk menegosiasikan tarif sewa yang lebih murah bila Anda akan menyewa dalam waktu yang lama (lebih dari seminggu), sudah sering menyewa di sana, atau sudah kenal baik dengan pemilik rental mobil itu.

  2. Tentang Mobil
    Mobil Daihatsu Xenia 1.0 dan city car lainnya (1000 cc atau lebih kecil) sudah memadai untuk berkeliling di dalam kota. Namun bila Anda berencana ke daerah pegunungan (seperti Kaliurang dan Kaliadem) atau pantai-pantai di daerah Gunung Kidul maka Anda memerlukan mobil yang lebih bertenaga (1500 cc) agar perjalanan lebih menyenangkan. Bila Anda ingin mengunjungi Dieng Plateu, Candi Cetho, atau Tawangmangu di Jawa Tengah maka sebaiknya Anda menyewa mobil diesel atau yang 2500 cc.

    Catatan:
    Penasaran dengan SUV di atas 4000 cc? Anda bisa menyewa Hummer 3, Jeep Wrangler Rubicon, dan berbagai mobil mewah lainnya di 88 Bintang Transport.

  3. Tentang Tarif Sewa
    Tarif sewa mobil di Yogyakarta sangat sederhana, hanya memuat komponen dasar: sewa mobil. Bila dalam perjalanan ada ongkos parkir, karcis tol, dan sebagainya, maka hal itu menjadi tanggungan penyewa.

  4. Tentang BBM
    Berdasarkan pengalaman, akan lebih hemat bila menyewa mobil tanpa BBM (bahan bakar minyak) karena Anda bisa mengisinya sendiri sesuai kebutuhan. Mobil jenis budget MPV (Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki APV) biasanya mengkonsumsi 1 liter premium untuk jarak tempuh 10 km, jadi Anda cukup mengisi 20 liter BBM untuk berkeliling Kota Yogyakarta seharian atau ke Candi Borobudur (42 km). Harga resmi premium di SPBU Pertamina adalah Rp. 4.500 / liter.

    Catatan:
    Kebutuhan BBM mungkin saja berbeda tergantung jarak tempuh dan rasio kompresi mobil Anda.

  5. Tentang Sopir
    Banyak situs travelling yang merekomendasikan untuk menyewa mobil + sopir bila berwisata ke Yogyakarta, YogYES sepenuhnya setuju. Lalu lintas di sini berjalan di sebelah kiri dan agak semerawut, Anda akan lebih menikmati perjalanan bila menyewa mobil + sopir. Upah sopir di Yogyakarta hanya Rp. 50.000 / 12 jam, jadi Anda bisa memberikan tips bila Anda puas.

    Bila Anda menyewa mobil + sopir maka Anda wajib memberi makan sopir. Ketika saatnya makan siang atau makan malam, sebaiknya Anda mengajak sopir beristirahat sejenak sambil makan. Sopir yang berpengalaman kadang bisa menunjukkan tempat makan enak (dan murah) di dekat situ.

    Khusus hari Jumat, Anda perlu menanyakan sopir bila dia membutuhkan waktu untuk sholat Jumat (pk 12.00 - 12.45)

    Bila Anda bepergian ke luar kota hingga menginap maka Anda juga wajib menyediakan penginapan atau memberikan ongkos penginapan untuk sopir yang besarnya sesuai kesepakatan (lazimnya Rp. 100.000 / malam).

  6. Tentang Paket Wisata
    Baiklah, ini tips nomor 5+1. Beberapa rental mobil di Yogyakarta juga menyediakan paket wisata yang menarik dengan harga yang sangat murah. Anda memang tidak bisa mengharapkan sopir yang mengantarkan Anda akan mengetahui banyak hal tentang tempat-tempat wisata tersebut, namun ini bukan masalah besar.

Demikian tipsnya semoga beranfaat untuk anda selamat mencoba.

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tips Sewa Mobil - Panduan Yang Harus di Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar