Rabu, 09 Maret 2011

Kerajinan MarMer TrenGGalek Yang Cukup Terkenal





Marmer termasuk dalam kelompok bahan galian industri, sering disebut juga batu pualam.Marmer adalah batuan yang berasal dari batugamping atau dolomit yang telah mengalami proses tekanan, temperatur dan dalam waktu yang lama. Batuan ini mempunyai ciri kompak, padat, tanpa perlapisan dan menunjukkan adanya proses rekristalisasi. Sedangkan mineral tambahan adalah kuarsa, talk, klorit, amphibol, pirit, piroksen, hematit, grafit. Mineral-mineral tersebut akan memberikan pola warna yang sangar beragam, sebagai contoh marmer kalsit murni berwarna putih, adanya mineral grafit memberikan warna merah muda.Berdasarkan komponen mineral utama dan mulajadinya marmer dibagi dalam dua jenis yaitu :
· marmer onyx yaitu kalsit kristalian yang terbentuk dari larutan air dingin dan umumnya dijumpai di gua-gua batugamping

· marmer verde-antik yaitu serpentin masif yang dipotong oleh urat-urat kuarsaPenggunaan marmer untuk keperluan eksterior lebih disukai yang mempunyai pola-pola warna yang lembut atau berwarna terang.
Marmer di alam ada beberapa macam warna ada yang putih, abu-abu, hitam, merah, crem. Belakangan marmer dipergunakan tidak hanya dalam bentuk lempengan yang digosok/poles menjadi mengkilat tetapi dibentuk sedemikian rupa menjadi suatu kerajinan tangan , misalnya menjadi meja, kaki meja, tempat rokok, tempat cuci tangan, dll. Industri kerajinan tangan banyak dijumpai di daerah Besole Tulungagung.Pasar marmer cenderung lebih dipengaruhi oleh selera perancang bangunan (arsitek) dan perseorangan, selain itu ditentukan oleh tampilan warnanya.Indonesia memiliki cadangan marmer cukup besar tetapi baru sebagian kecil yang telah diusahakan.Di daerah Trenggalek Jawa Timur banyak dijumpai marmer dengan berbagai corak warna.



Yuk Temukan informasi lebih lengkap seputar kerajinan tangan

Kerajinan MarMer TrenGGalek Yang Cukup Terkenal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar