Senin, 21 Maret 2011

Kerajinan Perak Kotagede Mulai Mendunia





Kerajinan Perak - Produk kerajinan perak dari Kotagede, Kota Yogyakarta, segera dipasarkan ke sejumlah wilayah di Kawasan Asia.

"Dalam waktu dekat kami akan memasarkan produk kerajinan perak ke Hongkong, serta sejumlah wilayah lain di Asia," kata perajin perak Kotagede Marsudi di Yogyakarta.

Ia mengatakan, upaya memperluas pasar kerajinan perak hingga ke luar negeri  dilakukan setelah produk kerajinan perak Kotagede mampu menembus Bali, yg menjadi daerah tujuan wisata turis mancanegara.

Marsudi juga mengatakan, menerima order dari para pembeli di Bali secara rutin setiap bulan. "Dalam satu bulan, barang kerajinan yg dijual ke Pulau Bali sebanyak 15 hingga 30 jenis," katanya.

Ia mengatakan, sebagian besar barang kerajinan perak yg dijual ke Pulau Bali adalah jenis perhiasan, akesoris serta viligri dan ukiran.







Ia mengatakan, sejak membuka industri kerajinan perak pada 1990, permintaan produk kerajinan perak selalu meningkat khususnya untuk jenis perak hiasan dinding dan miniatur.

Pembuatan kerajinan perak masih menggunakan peralatan manual dan dikerjakan oleh tenaga-tenaga terlatih yg telah diberi pelatihan terlebih dulu.

Jumlah tenaga kerja kami hanya sekitar 15 orang, dan mayoritas adalah warga setempat yg sebelumnya diberi pelatihan oleh tenaga-tenaga terdidik.


Sumber: antaranews.com


Temukan Info Lain Seputar Kerajinan Perak

Kerajinan Perak Kotagede Mulai Mendunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar