Selasa, 08 Maret 2011

Rusia Kembali Memamerkan 230 Benda Seni Asli Indonesia

Sekitar 230 jenis barang seni dan budaya khas Indonesia dipamerkan di Kovrov Historical and Memorial Museum kota Kovrov, yang berjarak 260 km arah timur laut Moskow, Rusia. Pameran Seni yang digelar lebih dari sebulan itu ingin menyampaikan kehangatan Tanah Air Indonesia kepada masyarakat kota tersebut yang saat ini sedang diselimuti musim dingin hingga suhu minus 15-18 derajat Celsius, kata Sekretaris III Fungsi Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow, Enjay Diana


Dalam pameran yang berlangsung hingga 29 Maret mendatang pengunjung dapat melihat dan menikmati berbagai barang seni dan budaya Indonesia antara lain daerah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara dan Papua.Kerajinan yang ditampilkan mulai dari ukiran kayu, topeng, patung garuda, patung komodo, keris, pakaian daerah, batik, alat-alat musik tradisional, keramik, peta hingga foto-foto tentang Indonesia.

Dian Wirengjurit mengatakan, Rusia merupakan salah satu bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai seni dan budaya.

"Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat Rusia untuk mengetahui seni dan budaya bangsa asing begitu besar," ujarnya.

Menurut Dian Wirengjurit, banyaknya museum dan pameran seni budaya di Rusia menunjukkan tingginya masyarakat terhadap nilai-nilai seni dan budaya, termasuk seni dan budaya Indonesia.Ia mengharapkan, pameran dapat lebih memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Rusia.

"Menurut rencana, setelah Kovrov, pameran yang merupakan kerja sama antara KBRI Moskow, Russian Intereco company, dan museum-museum di Rusia akan berlangsung hingga akhir tahun 2011 di berbagai kota lainnya, seperti Gus-Khrustalny, Sergiev Posad dan Elektrostal," katanya.

Sumber

Rusia Kembali Memamerkan 230 Benda Seni Asli Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar