Kamis, 28 Juni 2012

Tentang Mendesain Dapur Yang Baik




Membuat dapur yang nyaman dan sehat tentunya adalah idaman semua keluarga, dan tentunya harus di desain dulu dengan baik agar semuanya terkonsep sesuai rencana, berikut ada beberapa tahap mendesain dapur yang baik:

Pipa
Bicara mengenai dapur, tidak lepas dari saluran air baik air bersih, air kotor, pembuangan sampah dapur. Sebelum dapur dibangun, lebih dahulu saluran-saluran tersebut sudah terpasang dengan baik. Memberikan perhatian pada perencanaan dan pemasangan saluran, adalah hal yang tepat. Pembongkaran akibat saluran yang tidak berfungsi dengan baik pastinya menjengkelkan.

Saluran air bersih
Memiliki aliran air bersih yang jelas, tidak bercampur dengan saluran air kotor. Dihubungkan dengan sumber air PAM atau tangki penyimpanan. Saluran air yang ditanam di dinding, harus terikat kuat, yang lebih dahulu di beri kawat ayam, agar adukan dapat terikat kuat dengan pipa PVC.

Saluran air kotor
Air kotor dari dapur, dapat banyak mengandung minyak dan gumpalan kecil sisa makanan. Supaya tidak menggumpal dan menyumbat pipa buangan, maka sisa makanan padat dapat dibuang lebih dahulu di tempat sampah yang telah disediakan.

Pencahayaan
Dapur mutlak memiliki cahaya yang cukup terang. Penggunaan cahaya yang temaram, kurang tepat untuk dapur. Berbeda dengan ruang makan untuk menghasilkan suatu suasana tertentu, boleh menggunakan cahaya yang temaram, tetapi untuk ruang makan dan dapur akan sangat baik bila menggunakan cahaya yang terang.

Pengudaraan
Aktivitas memasak terkadang menghasilkan suatu aroma tertentu, dan bau ini dihalau dengan adanya sirkulasi udara silang. Tetapi jangan sampai tiupan angin dapat mematikan api di kompor, sehingga jangan letakkan kompor di depan jendela pas di aliran angin.
Tempatkan jendela pada posisi bersebrangan terhadap ruang, dalam hal ini dapur. Dengan adanya aliran udara, maka bau tidak berdiam di dalam dapur, tetapi akan keluar bersama pergerakan udara tersebut.

Penyimpanan
Banyak barang yang disimpan pada area dapur, seperti bahan makanan kering, bahan makanan basah, dan peralatan memasak. Semua jenis barang tersebut memiliki karakteristik dan volume tertentu.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam mendesain dapur yang baik, temukan informasi menarik tentang jual beli rumah

Temukan artikel terkait : Cara Mendesain Teras Rumah

Tentang Mendesain Dapur Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar