Selasa, 10 Juli 2012

Bicara Melukis Pada Kain




Menggambar pada kain sama halnya seperti membatik pada kain namun yang namanya melukis pada kain bentuknya bisa bermacam hal dan lebih bebas, kalau yang namanya membatik bentuknya hanya dedaunan atau bunga dengan pakem pakem tertentu, berikut ini ada beberapa tips untuk anda untuk melukis di kain:

Pertama, kenali dulu jenis kain yang akan dipakai melukis. Apakah jenisnya sutra, polyester, atau katun. Mengenal jenis kain penting untuk memilih cat yang sesuai. Dan untuk menghidari kesalahan pemilihan cat tekstil, bawa saja potongan kain yang akan dilukis sebagai contoh untuk ditunjukkan kepada pedagang cat tekstil sehingga ia bisa memilihkan cat yang tepat.

Kedua, melukis di atas kain bisa menggunakan teknik lukis apa pun. Namun, untuk mendapatkan gambar kecil yang detil, seperti garis tipis atau titik, sebaiknya gabungkan teknik melukis dengan kuas dan teknik membatik dengan canting. Lubang canting yang kecil bisa dipilih untuk melukis hal-hal detil.

Ketiga, angina-anginkan kain yang sudah dilukis hingga cat meresap pada kain dan kering. Setelah kondisi itu tercapai, cat tak akan luntur saat dicuci.

Gambarlah motif sebelum melukis, dengan pensil agar Anda tidak salah. Sebab, jika sudah terlanjur dilukis akan sangat repot jika Anda ingin mengapusnya lagi.

Carilah motif yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa dapatkan gambar motif dari berbagai media, seperti di internet, majalah bekas, atau beli langsung gambar motif di toko buku terkemuka.

Jangan takut mengekspresikan jiwa Anda di atas kain, toh Anda kan sebagai pemula jadi tak perlu khawatir. Coba belajar percaya diri bahwa Anda bisa dengan mengatakan ‘orang lain bisa kenapa saya gak bisa?’.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam melukis pada kain, temukan info menarik tentang kemeja batik modern


Temukan artikel terkait : Tentang Persiapan Dalam Membatik

Bicara Melukis Pada Kain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar