Selasa, 10 Juli 2012

Bicara Membatik Secara Pesisiran Atau Pekalongan




Proses membatik secara pesisiran atau pekalongan, memang berbeda dari cara biasanya namun tidak keluar jauh dari cara biasanya hanya berbeda sedikit saja berikut adalah penjelasan membatik secara pesisiran atau pekalongan:

Sebagaimana kita ketahui bahwa batik pesisiran atau Pekalongan memiliki pewarnaan yang bermacam macam dan beraneka ragam. Dalam proses pewarnaan untuk pembuatan batik tulis secara pesisiran atau Pekalongan ini tidak seluruhnya dilakukan dengan cara proses pencelupan.

Didalam Pewarnaan pada bagian tertentu, pola dilakukan dengan menyapukan zat pewarna atau nyolet, sehingga dapat dilakukan proses pewarnaan secara serentak dengan berbagai macam warna yang telah disiapkan. Pada umumnya proses pembuatan batik tulis secara pesisiran atau Pekalongan melewati proses 10 tahapan sebagai berikut:

Nyolet adalah proses dimana pemberian warna pada bagian bagian tertentu pola dengan cara yaitu menyapukan zat pewarna pada bagian bagian pola tertentu tersebut.

Nutup adalah proses dimana menutup bagian yang telah dicolet dengan menggunakan malam
Ndhasari adalah proses dimana mencelup latar pola dengan zat pewarna yang ingin dikehendaki

Menutup Dasaran adalah proses dimana menutup bagian bagian latar pola yang sudah diwarnai dengan malam agar tetap terjaga warnanya untuk proses selanjutnya

Nglorod adalah seperti pada proses pembuatan batik tulis secara kesikan atau lorodan, proses ini menghasilkan “kelengan” tetapi terdapat perbedaan yaitu adalah “kelengan” yang dihasilkan adalah “kelengan berawarna”

Nutup dan Granitan adalah proses dimana menutup bagian bagian yang telah diproses dan diberi warna dan bagian yang akan dibiarkan tetap berwarna putih dan juga serta membuat titik titik putih pada garis garis diluar pola yang disebut dengan granit.

Nyoga
adalah proses dimana mencelupkan kain kedalam pewarna soga. Sebagaimana juga Medel, proses ini dilakukan jika menggunakan pewarna alam juga harus dilakukan secara berulang dan setiap kali selesai proses pencelupan maka harus dikeringkan di udara terbuka

Nglorod
adalah proses dimana menghilangkan lilin batik menggunakan air mendidih.

Demikian prosesnya semoga menambah pengetahuan anda dalam membatik, temukan info menarik tentang kemeja batik danar hadi

Bicara Membatik Secara Pesisiran Atau Pekalongan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar