Jumat, 27 Juli 2012

Sayuran Mentah yang Sehat di Konsumsi


Sayuran ada yang bisa dimakan mentah, ada yang tidak. Ada beberapa sayuran seperti kentang yang sebenarnya beracun bila dimakan mentah. Beberapa sayuran tidak terasa terlalu bagus bila dimakan dalam keadaan mentah. Kacang, misalnya, bisa dimakan mentah tetapi mereka tidak akan terasa enak.

Salad sayuran adalah mereka yang dapat dimakan saat matang dan juga baik dalam keadaan mentah. Berikut beberapa sayuran mentah yang dapat Anda masukan dalam mangkuk salad sayur Anda.

Berikut sayuran yang bisa Anda makan mentah-mentah:

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan yang masuk dalam daftar superfood. Brokoli memiliki nutrisi sulforaphane yang memiliki efek detoksifikasi pada tubuh.

Itu sebabnya makan brokoli memberi Anda kulit yang cerah dan menunda penuaan. Jika Anda makan brokoli mentah, tubuh akan menyerap sulforaphane lebih cepat daripada makan brokoli yang matang.


Bawang bombai

Untuk mendapatkan nutrisi dari bawang bombai secara utuh, konsumsilah saat mentah. Bawang bombai memiliki flavonoid yang sangat efektif sebagai agen anti-pembekuan. Hal ini membuat bawang bombai sebagai obat alami penyakit kardiovaskuler dan pembekuan darah.

Wortel dan bit

Kedua sayuran ini memiliki kandungan zat gizi khusus bernama likopen. Likopen membantu melawan kanker dan baik untuk meningkatkan daya penglihatan Anda. Baru-baru ini, studi ilmiah yang menunjukkan bahwa efek dari likopen dapat meningkat dengan memasak (mendidihkan) sayuran tersebut. Namun, mengonsumsi mereka mentah-mentah membuat sayuran tersebut menjadi sumber serat makanan yang lebih baik. Enzim-enzim yang terkandung di dalamnya pun menjadi tidak hilang.

Paprika

Paprika sangat rendah kalori namun sangat kaya antioksidan yang dapat mencegah dan melawan kanker. Anda juga mendapatkan vitamin C dan A dari paprika. Tetapi, nutrisi dalam paprika mudah mengalami penurunan kualitas sehingga yang terbaik adalah makan mentah-mentah.

sumber:okezone

Sayuran Mentah yang Sehat di Konsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar