Selasa, 31 Juli 2012

Trik Menyusun Standard Operating Procedure




Penyusunan SOP (standard operating procedure) harus disusun dengan standart managemen yang baku supaya dapat di implementasikan dengan baik, berikut ini ada beberapa tips penyusunan SOP yang baik:

1. Sebelum menyusun SOP bentuklah tim sop minimal 3 orang untuk membahas sop yang akan disusun. Sebaiknya pimpinan tim ini adalah minimal memiliki pengalaman dan wawasan di dunia manajemen bisnis atau memiliki jabatan strategis di perusahaan. dan orang orang yang terlibat dalam tim sop sebaiknya orang yang tahu alur proses manajemen di internal sehingga bisa tahu bagaimana sistem manajemen perusahaan bekerja.

2. Susunlah SOP mulai dari pemetaan bisnis proses, dan susunlah alurnya dengan jelas dan sederhana. Hindari pemetaaan yang rumit dan kompleks yang akan membuat sop yang akan disusun menjadi sulit dimengerti.

3. Diskusikan setiap proses penyusunan sop dengan pimpinan tertinggi perusahaan dan jelaskan mengapa harus dibuat demikian. Jika memungkinkan buatlah SOP dengan basis sistem manajemen mutu berbasiskan Standard ISO 9001. Anda akan lebih mudah dan lebih cepat menyusun sop dengan standard iso 9001.

4. Berikan batas waktu dari penyusunan sop ini beserta progress kerja yang dijadwalkan dalam bentuk chart harian, mingguan dan bulanan. Dengan memberikan batas waktu akan lebih mudah mengontrol dan memastikan sop akan disusun sesuai jadwal.

5.Sewalah konsultan sop untuk membantu anda menyusun sop yang baku, standard dan melihat sop sebagai sistem manajemen yang bisa dijalankan atau tidak. Konsultan sop biasanya tahu kelemahan dan kelebihan dari sop yang dibuat. Jangan malu bertanya atau menyewa mereka menjadi konsultan anda jika tim anda tidak bisa memenuhi jadwal atau tidak sanggup menyusun sop dengan baik.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam menyusun SOP perusahaan dengan baik, temukan informasi menarik tentang sewa gudang

Trik Menyusun Standard Operating Procedure Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar