Rabu, 19 September 2012

Asal Usul Terbentuknya Propolis





Propolis – Siapa yang tak kenal akan madu, cairan yang dihasilkan oleh lebah madu ini sangat bermanfaat untuk stamina dan kesehatan tubuh, namun tak hanya madu yang bermanfaat yang dihasilkan oleh lebah, belum lama ini yang sedang lagi hot adalah propolis.

Lalu apa itu propolis? Dan apa manfaat propolis itu sendiri ?. propolis merupakan sebuah lem lebah dimana zat ini dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muda dan kulit pohon, terutama pohon poplar, serta dicampur dengan air liur dari lebah itu sendiri. Zat ini atau propolis ini difungsikan sebagai zat penambal lubang dalam sarang lebah madu, yang berguna untuk melindungi dari serangan bakteri, virus ataupun jamur.

Saat ini banyak penelitian tentang manfaat propolis itu sendiri, salah satunya adalah para ilmuwan dari Unversity of Chicago Medical Center telah menemukan bahwa terdapat senyawa berkhasiat pada sarang lebah madu yang efektif mengatasi kanker prostat pada tikus, yang secara struktur tubuh mendekati manusia.

Lainya hal dengan penelitan di Unversity of Chicago Medical Center, penilitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Bradford dimana meraka telah menemukan cara untuk memurnikan propolis menjadi campuran obat yang akan larut dalam air dan juga tidak berbau.

Mereka juga mendapatkan dari penelitan mereka tentag manfaat dari propolis bahwa propolis telah terbukti menjadi anti mikroba, anti jamur, antioksidan yang kuat, non-alergenik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan memiliki sifat anestesi.

Terlepas dari hasil penelitan itu semua, bahwa propolis memang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun  yang perlu menjadi catatan bahwa untuk merka yang baru menggunakan propolis bisanya terdapat gejala akibat penyesuaian diri terhadap zat baru. Seprti mual, pusing, gatal, mengantuk dll. Dan biasanya gejalanya akan berbeda-beda tergantung penyakit yang anda derita. Untuk lebih amannya selalu konsultasikan dengan dokter akan penggunaan dan manfaat propolis itu sendiri.


Info Terkait:


Asal Usul Terbentuknya Propolis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar