Rabu, 12 September 2012

Trik Mencarger Aki Kendaraan




Punya mobil atau motor pastinya perlu aki sebagai baterai untuk menghidupkan lampu atau starter motor elektrik tapi aki hanya berperan 25 persen dalam supplay listrik ke lampu motor selebihnya yang bekerja adalah dinamo motor sebagai penghasil listrik berikut ini ada beberapa cara mencarger aki:

1. Cara Yang Pertama
Jika kita punya adaptor 12 Volt dengan ampere transformator yang cukup ( bisa digunakan paling kecil 5 Amp). lalu sambungkan Positif (+) aki dan adaptor demikian juga Negatif (-) jangan lupa harus tersambung ke AC, lalu lakukan starter, copot lagi kabel yang tersambung. langsung dijamin bisa berangkat dan aki akan terisi strum lagi oleh dinamo mobil.

2. Cara Yang Kedua
Apabila sel/elemen yang ada pada aki masih bagus, tetapi air aki kotor maka harus dikuras, caranya : buang air aki lalu bersihkan dengan air dingin biasa (aki harus dalam keadaan dingin, tidak baru saja dipakai) lakukan terus sampai benar-benar bersih. Diamkan dalam keadaan terbalik sampai sisa air benar-benar keluar. Lalu isi dengan "air aki zuur / sir" cas di rumah 6-10 jam dengan menggunakan adaptor tadi tetapi transformator minimal harus 10 Ampere agar pengisian maksimal.
Tidak berlaku untuk aki kering dilakukan pengurasan..hehehe.


Apabila belum mempunyai Adaptor, bisa merangkai sendiri..bahannya :
1. Transformator/ Trafo 10 Ampere, sebaiknya bukan CT (tetapi CT juga bisa digunakan).
2. Elco 10.000f (mikro) 25 Volt 1 buah-- bisa tanpa elco agar pengisian langsung tdk melalui elco dulu
3. Dioda 2 buah
4. Kabel untuk DC dan AC
5. Casing untuk Adaptor

Demikian caranya dalam mencarger aki untuk kendaraan anda semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang energizer car battery


Temukan artikel terkait: Cara Perawatan Baterai Handphone

Trik Mencarger Aki Kendaraan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar