Selasa, 11 September 2012

Trik Perawatan Baterai Laptop




Baterai laptop memang sering rusak karena banyak yang tidak tau cara mewrawatnya pemakaian yang membuatnya menjadi panas yang berlebih tentunya lama kelamaan mengurangi daya tahan baterai alias baterai tersebut melemah, berikut ini ada beberapa tips menghemat baterai laptop:

  • Lakukan pengisian penuh pada baterai laptop baru Anda dan biarkan beberapa jam setelah terisi penuh.
  • Jika baterai tidak digunakan simpanlah baterai pada suhu yang dingin dan kering. Sebelum melepas baterai, isi baterai hingga penuh terlebih dahulu, dan jangan didiamkan terlalu lama sebab biasanya kapasitanya akan turun sekitar 1% perhari.
  • Isi baterai hingga penuh, dan lakukan pengisian jika kapasitas baterai telah mendekati 10% atau critical point
  • Atur power baterai. Di Windows ada fitur yang namanya power options. Melalui fitur ini Anda bisa mengatur konsumsi daya laptop. Caranya sangat mudah. Klik tombol Start, lalu buka Control Panel dan kemudian double klik icon Power Options. Akan muncul sebuah kotak dialog dengan nama Power Option Properties. Jika ingin baterai lebih awet, Anda disarankan memilih ‘Max Battery’.
  • Kurangi brightness. Webuser.co.uk melansir bahwa LCD akan memakan daya baterai. Oleh karena itu Anda disarankan untuk mengurangi brightness laptop seminimal mungkin namun tetap nyaman dipandang mata.
  • Gunakan screen savers ‘Blank’.
  • Kurangi resolusi. Cara lain untuk membuat baterai lebih awet adalah dengan mengurangi resolusi layar dan jumlah warna yang digunakan di laptop. Untuk menguranginya, Anda bisa klik kanan pada Windows Desktop lalu pilih Properties. Pada kotak dialog Display Properties pilih tab Settings. Lalu atur resolusinya dengan cara menarik slider-nya ke kiri untuk mengurangi resolusi. Kemudian pada menu drop down pilih kualitas warna (color quality) yang lebih rendah, lalu klik OK
  • Matikan Wi-Fi. Wi-Fi yang aktif tentu saja ikut memakan konsumsi baterai. Jika tidak berniat memanfaatkan akses nirkabel atau ber-Internet, pastikan Wi-Fi dalam keadaan mati sehingga baterai lebih awet.
  • Pasang Ram tambahan. Ada baiknya menggunakan RAM minimal 1 GB. Hal ini agar hardisk anda tidak terlalu sering berputar untuk membaca data. Hal ini juga akan mempercepat kinerja dari laptop anda karena system bisa mengambil data dari RAM, sehingga hard drive anda tidak bekerja terlalu keras, hal ini tentu menghemat penggunaan daya baterai.
  • Jika anda menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama perharinya dan memilih untuk melepaskan baterai laptop, jangan lupa lepas baterai dari awal dan gunakan UPS (uninterruptible power supply).
  • Hati-hati ketika melepas battery, ikuti petunjuk untuk melepas battery notebook anda,juga jangan sampai battery jatuh, karena bisa menyebabkan komponen didalam akan rusak.
  • Bersihkan kontak metal baterai Anda setiap beberapa bulan dengan kain yang dibasahi dengan alkohol. Hal ini akan membuat transfer daya dari baterai Anda menjadi lebih efisien
  • Kalibrasi baterai dengan “pakai habis” setiap 30 kali pengisian atau dengan periode waktu yang berjauhan (tiap bulan) untuk menjaga akurasi elemen didalam baterai. Biarkan notebook Anda hingga baterai habis terpakai sebelum di charge kembali.
  • Jika Anda menyimpan baterai di lemari es (bukan freezer), gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menghindari kelembaban. Biarkan baterai menghangat pada suhu ruangan sebelum dipakai atau menge-charge-nya.
  • Gunakan charger bawaan dari laptop, kalo terpaksa menggunakan charger lain, pastikan tegangan dan daya yang digunakan sama dengan yang aslinya.
  • Panas adalah musuh utama baterai laptop, karena itu beberapa orang lebih memilih untuk melepas baterai laptopnya. Hindari untuk menaruh baterai atau laptop Anda ditempat yang panas

Demikian tipsnya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda agar baterai laptop anda awet, temukan info menarik tentang meja laptop lipat


Temukan artikel terkait:Tips Menggunakan Fan Untuk Mendinginkan PC

Trik Perawatan Baterai Laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar