Senin, 08 Oktober 2012

Sekilas Wajah Baru Stadion Santiago Bernabeu



Presiden Real Madrid Florentino Perez punya rencana ambisius. Pengusaha yang total kekayaannya menurut survei 2009 lalu mencapai USD 1,9 miliar ini siap merenovasi stadion kebanggaan El Real Santiago Bernabeu.

Seperti diberitakan Marca, proyek ini dibuka kepada publik dalam pertemuan dewan klub pada Minggu kemarin. Para anggota dewan tersebut dibuat terkejut oleh rencana Perez ini karena tak ada pembicaraan apapun terkait renovasi stadion berkapasitas 80 ribu penonton ini sebelumnya.

Rencana Perez ini tidak main-main. Empat firma arsitek prestisius sudah diberitahu untuk menyodorkan empat contoh jasa maket renovasi. Nantinya, hanya satu yang terpilih.

Mereka adalah Amela-Populous, Moneo-Herzog & De Mouron, Norman Foster-Rafael de Lahoz, dan GMT Architekten-L35-Ribas. Mereka bukan firma sembarangan.

Moneo-Herzog & De Mouron misalnya, mereka merupakan perancang Allianz-Arena milik Bayern Munich. Firma asal Jerman ini juga perancang Beijing National Stadium.

Empat maket tersebut memang tampak megah, canggih, modern, dan futuristik. Semuanya menampilkan Santiago Bernabeu dalam bentuk baru terutama pada tampak luar.

Salah satu maket menampilkan atap yang bisa buka-tutup. Maket lainnya menyodorkan dinding luar yang dapat bercahaya biru atau hijau kala malam.

Belum diketahui kapan rencana ini akan dimulai. Yang jelas, bila Florentino Perez sudah berencana, maka tidak ada yang tidak mungkin di tangannya.

“Setiap tahun kami bertarung untuk individualisme klub kami dan kami bekerja lebih keras setiap hari untuk hal ini. Saat ini, tujuan kami adalah meningkatkan Stadion Santiago Bernabeu dan fasilitas latihan,” kata Perez.

“Kami ingin kedua tempat tersebut menjadi ikon arsitektur. Keempat maket bangunan itu sungguh ambisius, masing-masing bertujuan meningkatkan arsitektural stadion, dan jika mungkin meningkatkan kapasitas penonton. Kami ingin stadion ini menjadi bangunan paling simbolis di Madrid dan di dunia,” ujar Perez.
(auz/okezone)

Sekilas Wajah Baru Stadion Santiago Bernabeu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar