Selasa, 23 Oktober 2012

Trik Berkendara Saat Hujan



Berkendara saat hujan memang cukup berbahaya bila anda tidak hati hati karena licinnya jalanan tempat anda melintas serta tetesan air hujan yang menghalangi pandangan anda, jadi anda tidak dapat ngebut layaknya jalanan normal tidak becek atau licin, berikut ada beberapa tips aman berkendara saat hujan

1.Sebelum berkendara, pastikan mobil dalam kondisi prima. Misalnya, rem harus berfungsi dengan baik, tekanan udaraban cukup, karet wiper masih bisa menyapu air dengan sempurna.

2. Kurangi Kecepatan Mobil Anda. Sebisa mungkin lepaskan kaki dari pedal gas dan mengerem lebih awal dengan kekuatan yang kurang dari biasanya. Berkendara ngebut saat hujan bisa membuat mobil ‘melayang’ tak terkekndali dan keluar dari rute seharusnya, yang disebabkan Karena adanya genangan air.

3. Hindari genangan air. Jika dilihat sekilas, genangan air mungkin tidak berbahaya. Namun, bisa saja air lebih tinggi dari perkiraan karena lubang atau kondisi jaln berkontur.

4. Bila baru melewati daerah banjir, ‘keringkan’ rem yang basah dengan menginjak pedal gas dan rem saat bersamaan. Sebelum melanjutkan perjalanan, pastikan rem sudah berjalan dengan baik.

5. Hujan dan AC yang terlampau dingin bisa membuat kaca mobil berembun. Jika ini terjadi, tekan tombol defroster yang efektif cairkan embun. Jika mobil tidak memakai fasilitas defroster, alohkan AC pada kedua sisi jendela bagian depan untuk mencairkan embun. Setidaknya kaca spion harus dapat terlihat denga jelas saat berkendara.

6. Hindari penggunaan lampu sorot di waktu hujan. Lampu sorot akan menyulitkan Anda melihat jalan. Karena tetesan hujan di udara, cahaya akan memantul balik ke arah Anda. Sebagai gantinya, nyalakan lampu kabut Anda. Dijamin akan membantu Anda melihat jalanan. Jangan pula menggunakan lampu hazard karena akan mengganggu pengendara lain.

7. Waspada pada keadaan sekitar. Hujan membuat Anda sulit melihat orang, binatang atau benda yang ada dalam jarak pandang Anda.

Demikian tipsnya dalam berkendara saat hujan semoga bermanfaat untuk anda dalam berkendara untuk menghadapi hujan, temukan info menarik tentang rental mobil



Temukan artikel terkait:  Tips Menjual Mobil Seken

Trik Berkendara Saat Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar