Rabu, 16 Januari 2013

Cara Perawatan Wiper Mobil

 

Wiper mobil memang sangat berfungsi sekali saat musim hujan namun biasanya masalah yang sering timbul, dimana semburan washer loyo atau malah tak keluar sama sekali, padahal pompa elektrik masih berfungsi. Penyebabnya bisa dipastikan adanya hambatan pada jalur air dari tangki reservoir ke nosel washer.

Berikut trik praktis untuk membantu Anda memecahkan masalah ini:

  1. Cabut slang di bawah tabung reservoir, periksa apakah ada hambatan dengan menekan switch washer.  Bila tak ada air yang mengucur, telusuri slang air washer  di balik kap mesin.
  2. Ada kemungkinan pompa tidak berfungsi saat switch  ditekan. Bila ini yang terjadi, periksa konektor dan kabel yang menuju pompa. Sambungan buruk atau konektor kotor bisa menyebabkan pompa tak bekerja.
  3. Jika ada sepasang washer  di mobil, periksa sambungan ‘T’ yang membagi debit air. Kerap terjadi sambungan itu tersumbat kotoran atau dipenuhi lumut. Cuci bersih dan gunakan benda tajam untuk membersihkan bagian dalam sambungan.
  4. Cabut slang dari nosel washer  dan tiup dengan angin kompresor untuk mengeluarkan kotoran.
  5. Terakhir, bersihkan nosel dengan jarum atau benda tajam lain. Setelah bersih, arahkan semprotan nosel ke bidang yang tepat di kaca depan. Jangan terlalu tinggi karena saat mobil melaju, ada kemungkinan semprotan tak jatuh di kaca akibat tertiup angin. Sebaliknya jangan terlalu rendah sampai menghalangi pandangan pengemudi.
Bila telah selesai, maka washer ini perlu dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut beberapa langkah yang diusulkan untuk anda :
  • Lihatlah bagian dalam tabung air wiper. Jika sudah banyak keraknya, bersihkan tabung dengan sikat botol.
  • Isilah tabung wiper dengan air suling atau biasa disebut destillated water. Air suling ini sama dengan air aki penambah dengan botol berwarna biru.  Bila diperlukan, campurlah air penyemprot dan wiper fluid dengan perbadingan sesuai kemasan. Produk pencampur air wiper ini mampu menghilangkan minyak dan kotoran yang hinggap di kaca depan. Jangan menggunakan sabun biasa karena bisa merusak cat dan membuat mampat saluran washer.
  • Jika semprotan air wiper tersendat atau tidak lancar, bersihkan nosel dengan jarum.
  • Perhatikan juga arah semprotan. Pastikan arah semprotan pas pada bagian yang tersapu wiper. Jika kurang pas, setel juga dengan bantuan jarum.
  • Bersihkan soket pompa air pada tabung washer dengan elektro contact cleaner.

Demikian tipsnya dalam memperbaiki dan merawat wiper mobil semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang rental mobil bandung murah


Temukan artikel terkait: Tips Pasang Gril Bumper Mobil Pelindung Kondesor AC

Cara Perawatan Wiper Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar