Selasa, 05 Februari 2013

Ingin Mempunyai Tubuh Atletis?

Ingin Mempunyai Tubuh Atletis? - Jaman sekarang, tubuh yang atletis merupakan dambaan tiap pria. Tapi banyak dari pria - pria tersebut terbentur dengan beberapa masalah sehingga mengurungkan niatnya untuk membentuk tubuhnya. Diantaranya adalah :

Ingin Mempunyai Tubuh Atletis?

Sudah latihan beban namun belum ada hasil.Faktor ekonomi sehingga tidak mampu beli suplemen.Malu untuk memulai.
Pada artikel ini, saya coba untuk memberi solusi dari 3 masalah di atas. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri. Sebelumnya, saya mau bercerita dulu tentang diri saya dulu. Saya adalah seorang pria berusia 22 tahun dan bisa dibilang saya bukan orang yang berduit. Penghasilan saya per bulan hanya Rp 500.000,00. Dulu saya hanya seorang pria kurus. Namun , karena saya punya tekad dan niat yang kuat, saya bisa membentuk tubuh saya jadi lebih atletis. Ya, modal terpenting adalah tekad dan niat yang kuat! Tekad dan niat bukan hanya untuk 1 atau 2 bulan latihan, tapi selamanya! Lalu, dengan keterbatasan ekonomi saya, bagaimana saya bisa membentuk tubuh atletis saya ?


  1. Siapa bilang ngegym itu mahal ? Di tempat saya biasa ngegym, saya cuma bayar Rp 2.000,- sekali datang. Murah kan? Ya, intinya cari aja gym yang murah, ga perlu yang mahal!
  2. Ga perlu konsumsi suplemen! Kalau anda punya keterbatasan ekonomi seperti saya, buat apa menghamburkan uang untuk beli suplemen susu atau pil yang harganya mahal? Memang sih suplemen dapat membuat tubuh kita lebih cepat atletis, namun jangan salah persepsi! Suplemen adalah makanan tambahan saja. Yang terpenting adalah atur pola makan kita. Jadi, jika pola makan kita sudah benar, saya rasa tanpa suplemen pun tubuh kita akan jadi atletis. Makanlah teratur 5x sehari dengan pola 3 makan besar dan 2 makan kecil. Makan kecil maksudnya adalah ngemil di sela - sela makan besar. Konsumsilah makanan yang tinggi protein namun rendah lemak di setiap makan anda. Untuk makan besar, anda bisa konsumsi nasi + telur rebus, tahu, tempe, dll yang mempunya kadar protein tinggi, rendah lemak, dan tentunya murah meriah! Untuk makan kecil, anda bisa konsumsi tahu,  tempe ,dll ( tanpa nasi ). Tapi jangan lupa untuk konsumsi sayuran juga di makan besar anda.
  3. Konsumsi vitamin / buah sebagai antioksidan. Mahal ? Sama sekali tidak! Coba anda cari di apotik, vitamin C IPI  yang harganya cuma 3rb sebotol. Murah kan? Cuma dengan 3rb bisa untuk berhari - hari karena isinya sangat banyak.
  4. Bagi yang malu untuk memulai ngegym, buanglah rasa malu anda! Karena semua orang ngegym pasti untuk membentuk otot, jadi ga ada alasan untuk malu! Apakah anda malu karena badan anda sangat kurus ? Saya dulu juga sangat kurus, namun sekarang saya bersyukur karena saya dulu tidak malu untuk memulai. Karena kalu dulu saya malu, mungkin sampai sekarang badan saya tidak atletis dan masih sangat kurus! Jadi, ayo mulai dari sekarang!
Lalu, bagaimana program latihanya ?
Fitness = angkat beban ? SALAH BESAR ! Yang benar, fitness = angkat beban, pola makan, tidur! Berikut penjelasanya :
  1. Angkat beban = Ngegym / angkat beban berfungsi sebagai perangsang otot untuk tumbuh dan berkembang. Pada saat ngegym, otot anda tidak akan bertambah besar, namun otot anda akan rusak. Otot yang rusak inilah yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan otot.
  2. Pola makan = Pola makan bertujuan untuk memberi nutrisi pada otot , baik dalam keadaan rusak maupun saat berkembang dan tumbuh.
  3. Tidur = Nah, ini hal penting yang sering disepelekan orang. Banyak orang berpikir kalau otot tumbuh saat ngegym. Tapi itu SALAH BESAR! Ngegym hanya merangsang otot untuk tumbuh dengan cara merusak otot. Nah, saat tidurlah otot baru bisa regenerasi, tumbuh, dan berkembang! Jadi, jika anda rutin ngegym tapi tidak mengatur pola tidur anda, latihan anda akan sia - sia! Karena setelah otot  " dirusak "  saat ngegym, otot butuh nutrisi dari pola makan yang tepat dan butuh istirahat untuk meregenerasi, tumbuh, dan berkembang. Tidurlah 8 jam / hari untuk pembentukan massa otot yang maksimal!
Jangan lupa untuk mengimbangi latihan beban anda dengan latihan cardio seperti jogging, bersepeda,atau berenang. Untukjenis - jenis latihan beban, bisa anda tanyakan ke instruktur gym atau cari referensi dari google.
nb :
  1. Pada saat ngegym, jangan terlalu memaksakan beban. Latihan sesuai kemampuan anda dengan durasi 45 - 60 menit. Tingkatkan beban secara berkala sesuai dengan kemampuan anda.
  2. Latihlah otot besar anda 2 hari sekali. Otot utama seperti dada, punggung, dan paha membutuhkan istirahat paling tidak 48 jam untuk tumbuh dan berkembang. Jika anda melatihnya tiap hari, otot anda malah tidak akan tumbuh.
  3. Untuk otot kecil, bisa anda latih tiap hari seperti lengan dan perut.

Ingin Mempunyai Tubuh Atletis? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar