Senin, 04 Februari 2013

Perihal Pilih Asuransi Mobil Yang Tepat

Memilih asuransi untuk mobil anda memang perlu mempertimbangkan vasilitas & keuntungan apa saja yang bisa anda dapatkan dari asuransi tersebut dan perlu anda sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan anda baik jangka pendek maupun jangka panjang, berikut ada beberapa tips cara menentukannya:

1. Kualitas
Kualitas memang selalu menjadi nomor satu, tidak terkecuali asuransi mobil. Nah, Anda pun bisa memilih asuransi mobil yang sudah memiliki predikat baik seperti mendapatkan penghargaan, antara lain Best General Insurance, Indonesian Customer Satisfaction Award dan Indonesian Best Brand Award yang bisa menjadi acuan bahwa asuransi mobil tersebut terpercaya, handal dan bertanggung jawab.

2. Biaya res    iko sendiri
Sebaiknya pilih asuransi mobil yang menerima satu kali klaim saja untuk kumpulan tabrakan dalam waktu yang berbeda-beda, ketimbang asuransi mobil yang menerapkan sistem klaim per kejadian kecelakaan atau per benturan. Tentu Anda mesti membayar biaya own risk atau resiko sendiri yang nilainya sekitar Rp 100.000 beberapa kali karena harus bolak-balik ke bengkel. Belum lagi mungkin hasil pengerjaan bengkel tersebut tidak memuaskan karea merupakan bengkel yang tidak memiliki otoritas. Nah, dengan asuransi mobil yang menerima satu kali klaim maka Anda tidak perlu sering-sering ke bengkel yang akhirnya tidak membuat Anda rugi karena harus membayar biaya Own Risk atau OR, waktu Anda juga tidak terbuang, apalagi bengkelnya merupakan bengkel resmi.

3. Perhatikan bengkel rekanan pihak asuransi
Seperti yang sudah disinggung di awal maka pilihlah pihak perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan yang memang memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini akan membuat Anda tidak perlu bolak-balik bengkel karena pengerjaannya yang tidak beres dan tidak akan membuang-buang waktu Anda.

4. Proses klaim asuransi mobil
Adalah hal yang paling baik untuk memilih pihak asuransi dengan proses klaim yang tidak berbelit alias mudah. Ada beberapa pihak asuransi mobil yang menetapkan aturan yang rumit yakni misalnya seperti harus menunggu pihak surveyor dan kemudian harus berdebat lagi dengannya dan penerimaan SPK atau Surat Perintah Kerja juga memakan beberapa hari agar pihak bengkel dapat melakukan pekerjaan perbaikan terhadap mobil Anda. Tentu hal ini akan membuat Anda menyia-nyiakan banyak waktu. Oleh karena itu, pilih asuransi mobil yang menyediakan klaim asuransi dan menerima Surat Perintah Kerja dalam hitungan waktu kurang dari 30 menit.

5. Spare-Part Asli
Pilihlah asuransi mobil yang memang menjamin bahwa spare-part yang digunakan adalah yang asli dan bergaransi sehingga tidak menimbulkan kerugian di pihak Anda.

6. Fitur tanggung jawab pihak ketiga
Kadang-kadang kejadian kecelakaan justru menyebabkan pihak ketiga mengalami kerusakan yang lebih parah ketimbang kita. Belum lagi jika pengemudi atau penumpang juga terkena konsekuensinya. Maka dari itu, Anda dapat memilih dan membeli asuransi mobil yang memberikan pertanggungjawaban kepada pihak ketiga lebih besar agar Anda bisa tidak terbebani oleh biaya ekstra, kemudian pengemudi atau penumpang juga memiliki perlindungan.

7. Perlindungan 24 jam
Tahukah Anda bahwa ada beberapa asuransi mobil yang memiliki ketentuan batas wilayah dan jam? Oleh karena itu, cermatilah ketentuan asuransi mobil tersebut. Sebaiknya pilihlah asuransi mobil yang menjamin perlindungan di luar daerah dan memiliki nomor telepon yang mudah dihubungi selama 24 jam agar meminimalisir kekuatiran Anda untuk melakukan perjalanan. Lagipula, asuransi mobil berguna untuk membuat Anda tidak kuatir terhadap mobil Anda.

Demikian tipsnya delam memilih asuransi untuk mobil anda semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang bengkel otomotif



Temukan artikel terkait:   Tips Berbisnis Spare Part Mobil

Perihal Pilih Asuransi Mobil Yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar