Senin, 23 Juli 2012

Soal Menyajikan Susu Untuk Bayi




Susu adalah makanan utama bayi oleh karena itu susu bubuk untuk bayi mengandung banyak vitamin protein dll, cara membuat susu untuk bayi juga tidak bisa sembarangan dan syaratnya adalah higienis, berikut adalah proses menyajikan susu intuk bayi:

Peralatan
Cuci bersih peralatan minum bayi menggunakan sikat dan sabun.
Sterilkan semua peralatan yang akan digunakan. Jika mengggunakan teknik perebusan, cangkir atau botol harus terendam dengan baik dan tidka ada udara di dalamnya. Biarkan dalam keadaan mendidih selama minimal 5 menit. Tutup panci dengan peralatan steril di dalamnya sampai dipakai. Bila tidak segera dipakai, angkat, pasang dot dan tutup botol, simpan di tempat bersih dan kering.
Masak air yang digunakan sebagai pelarut susu formula, termasuk air dalam kemasan, sampai mendidih, lalu biarkan selama 3 menit sebelum api dimatikan. Diamkan selama 10-15 menit dalam wadah tertutup, agar suhunya turun sampai sekitar 70 derajat C. air pun siap digunakan.

Penyiapan:
Bersihkan meja persiapan.
Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,keringkan.
Tuangkan air ke cangkir atau botol sebanyak yang dapt dihabiskan bayi.
Tambahkan bubuk susu dengan takaran sesuai, lalu tutup dan kocok sampai larut dengan baik. Sebelumnya, perhatikan apakah susu bubuk masih baik. Tanda susu yang tidak baik adalah bau berubah (tengik), warna berubah (tidak kuning cerah) atau terdapat gumpalan.
Dinginkan dengan merendam botol susu di air bersih dingin atau air mengalir. Cek dengan meneteskan susu ke pergelangan tangan. Jika sudah hangat atau tidak panas, susu siap diminumkan.
Susu formula yang telah dilarutkan harus segera diminum dan dihabiskan untuk menghindari kemungkinan pencemaran. Bila susu yang telah dilarutkan tidak segera diminum, maka taruhlah di lemari es dan dipanaskan kembali dengan merendamnya dalam air panas sebelum diminumkan. Baik di lemari es maupun di suhu ruangan, susu yang telah dilarutkan sebaiknya diminum sebelum 2 jam.

Demikian prosesnya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang botol bayi

Soal Menyajikan Susu Untuk Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar