Senin, 23 Juli 2012

Tips Berikan Mainan Untuk Anak Yang Aman




Memilih mainan untuk anak memang tak boleh sembarangan karena dunianya anak adalah bermain sambil belajar jangan sampai mainan tersebut membahayakan kesehatan anak atau merugikan untuk si anakberikut ada beberapa tips untuk anda memilih mainan anak yang baik:

* Baca label dengan teliti : Kebanyakan orang tua membeli mainan anak tidak membaca label. Berdasarkan temuan YLKI, banyak mainan yang tidak memiliki label bahasa Indonesia. Padahal, dalam peraturan perdagangan dijelaskan bahwa produk apa pun harus mencantumkan label berbahasa Indonesia, yang berisi tentang bagaimana cara menggunakannya dan untuk usia berapa.

* Harga mahal belum tentu aman : Selama ini, banyak orang tua beranggapan bahwa harga menentukan kualitas. Hal ini memang benar, tetapi tidak selamanya harga mainan yang mahal itu aman. "Dari temuan yang kita dapatkan, ada mainan anak yang harganya Rp 30 ribu sampai Rp 300 ribu. Ternyata yang mahal itu masih terdapat bahan kimia dan logam berbahaya," kata Noor.

* Membeli mainan sesuai usia anak : Misalnya, untuk anak berusia 3 tahun sebaiknya jangan dibelikan mainan yang ukurannya terlampau kecil. Karena yang ditakutkan, anak Anda akan memasukkan mainan tersebut ke dalam mulut mereka. "Sehingga, apabila zat berbahaya itu masuk ke dalam tubuh dan berakumulasi akan membahayakan kesehatan anak," tambahnya.

* Periksa fisik mainan: Beberapa mainan edukasi anak umumnya berbahan dasar kayu seperti sempoa. Sehingga penting untuk melihat dan memeriksa kondisi permukaan mainan, apakah aman atau tidak bagi anak. Karena serpihan mainan berbahan kayu yang tidak mulus misallnya bisa masuk ke tangan anak-anak atau bahkan ikut termakan.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda, temukan informasi menarik tentang sewa mainan

Tips Berikan Mainan Untuk Anak Yang Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Zonesia Mania

0 komentar:

Poskan Komentar